Judul | : | PENGEMBANGAN PROFESI GURU | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-149-2 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xviii + 326 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 58.000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp. 46.400 | |
Stock | : | 1 |
Daftar Isi :
Bab 1. Aspek Penilaian Kinerja Guru
- Memahami Penilaian Kinerja Guru
- Aspek yang Dinilai dalam PK Guru
- Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas
- Penilaian Kinerja Guru Bimbingan Konseling (BK)
- Penilaian Kinerja Tugas Tambahan
- Tim Penilai PK Guru
- Waktu Penilaian
- Cara Penilaian
Bab 2. Tahapan Pelaksanaan PK Guru
- Tahap Persiapan
- Penilaian
- Konfirmasi Nilai
- Tahap Pelaporan
- Monitoring dan Evaluasi
- Prinsip Pelaksanaan PK Guru
- Hierarki Pelaksanaan PK Guru
Bab 3. Penilaian Unsur Kompetensi untuk Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas
- Kompetensi 1: Mengenal Karakteristik Peserta Didik
- Kompetensi 2: Menguasai Teori Belajar dan Prinsipprinsip Pembelajaran yang Mendidik
- Kompetensi 3: Pengembangan Kurikulum
- Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
- Kompetensi 5: Memahami dan Mengembangkan Potensi Peserta Didik
- Kompetensi 6: Komunikasi dengan Peserta Didik
- Kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi
- Kompetensi 8: Bertindak Sesuai dengan Norma Agama, Hukum, Sosial dan Kebudayaan Nasional Indonesia
- Kompetensi 9: Menunjukkan Pribadi yang Dewasa dan Teladan
- Kompetensi 10: Etos Kerja, Tanggung Jawab yang Tinggi, Rasa Bangga Menjadi Guru
- Kompetensi 11: Bersikap Inklusif, Bertindak Obyektif, serta Tidak Diskriminatif
- Kompetensi 12: Komunikasi dengan Sesama Guru, Tenaga Kependidikan, Orang Tua, Peserta Didik, dan Masyarakat
- Kompetensi 13: Penguasaan Mated Struktur Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu
- Kompetensi 14: Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif
Bab 4. Penilaian Unsur Kompetensi Guru Bimbingan Konseling
- Kompetensi 1: Menguasai Teori dan Praksis Pendidikan
- Kompetensi 2: Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis dan Psikologis Berta Perilaku Konseli
- Kompetensi 3: Menguasai Esensi Layanan BK dalam Jalur, Jenis, dan Jenjang Satuan Pendidikan
- Kompetensi 4: Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Kompetensi 5: Menghargai dan Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Kemanusiaan, Individualitas dan Kebebasan Memilih
- Kompetensi 6: Menunjukkan Integritas dan Stabilitas Kepribadian yang Kuat
- Kompetensi 7: Menampilkan Kinerja Berkualitas Tinggi
- Kompetensi 8: Mengimplementasikan Kolaborasi Internal di Tempat Bekerja
- Kompetensi 9: Berperan dalam Organisasi dan Kegiatan Profesi BK
- Kompetensi 10: Mengimplementasikan Kolaborasi Antar Profesi
- Kompetensi 11: Menguasai Konsep dan Praksis Penilaian (Assessment) untuk Memahami Kondisi, Kebutuhan, dan Masalah Konseli
- Kompetensi 12: Menguasai Kerangka Teoretik dan Praksis BK
- Kompetensi 13: Merancang Program BK
- Kompetensi 14: Mengimplementasikan Program BK yang Komprehensif
- Kompetensi 15: Menilai Proses dan Hasil Kegiatan BK
- Kompetensi 16: Memiliki Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional
- Kompetensi 17: Menguasai Konsep dan Praksis Penelitian dalam BK
Bab 5. Penilaian Unsur Kompetensi Tugas Tambahan
- Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah/ Madrasah
- Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah/Madrasah
- Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala Perpustakaan
- Kompetensi Tambahan sebagai Kepala Laboratorium/ Bengkel/Sejenisnya
- Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Ketua Program Keahlian
Bab 6. Sistem Perhitungan PK Guru
- Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas
- Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor
- Perhitungan Nilai PK Guru Tugas Tambahan
Bab 7. Penetapan Angka Kredit Guru
- Tugas Pokok clan Fungsi Guru
- Beban Kerja Guru
- Jenjang Jabatan Fungsional Guru
- Unsur Penilaian Angka Kredit
- Rincian Kegiatan Guru clan Angka Kreditnya
- Penetapan Angka Kredit Minimal
- Persyaratan Angka Kredit untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
- Penetapan Angka Kredit untuk Guru Golongan II
- Penetapan Angka Kredit Minimal untuk Guru Golongan II
Bab 8. Perhitungan Angka Kredit untuk Kenaikan Jenjang Jabatan
- Pengklasifikasian Guru dalam Perhitungan Angka Kredit
- Perhitungan Angka Kredit
- Konversi Nilai PK GURU ke Angka Kredit
Bab 9. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
- Pengertian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
- Tujuan, Manfaat, dan Sasaran Kegiatan PKB
- Penilaian Angka Kredit dan Kenaikan Pangkat
- Karya yang dilakukan Secara Bersama
- Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif yang Dapat Dinilai
- Perbedaan Kegiatan Pengembangan Profesi Berdasarkan Peraturan Lama dan Peraturan Baru
Bab 10. Pengembangan Diri
- Pengertian Pengembangan Diri
- Kegiatan Pengembangan Diri
- Contoh Sampul Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
Bab 11. Publikasi Ilmiah
- Presentasi pada Forum Ilmiah
- Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian atau Gagasan Emu Bidang Pendidikan Formal
- Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan, dan/ atau Pedoman Guru
Bab 12. Karya Inovatif
- Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi)
- Menemukan/Menciptakan Karya Seni
- Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum
- Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal, dan Sejenisnya
Bab 13. Pelaksanaan Kegiatan PKB
- Prinsip-prinsip Dasar Pelaksanaan Kegiatan PKB
- Lingkup Pelaksanaan Kegiatan PKB
- Peran Institusi dan Individu yang Terkait dalam Kegiatan PKB
- Mekanisme Kegiatan PKB
- Monitoring dan Evaluasi Kegiatan PKB
- Format Isian dalam Kegiatan PKB
Bab 14. Penilaian Laporan Kegiatan PKB
- Prinsip Penilaian Laporan Kegiatan PKB
- Penolakan Laporan Kegiatan PKB
Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran
Tentang Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar