Judul | : | STRATEGI BELAJAR MENGAJAR | |
Pengarang | : | Drs. Hamdani, M.A. | |
Penerbit | : | Pustaka Setia | |
ISBN | : | 978-979-076-161-2 | |
Cetakan Ke | : | 10 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 344 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 55.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 44.000 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENGERTIAN DAN TUJUAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Hakikat Belajar Mengajar
– Pengertian Strategi
– Strategi Pengajaran
– Pengertian Belajar
Hakikat Pembelajaran
Perbedaan Model Pembelajaran
– Model Pengembangan Perangkat Menurut Kemp.
– Model Pengembangan Pembelajaran menurut Dick dan Carey
– Model Pengembangan 4-D
– Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional)
Pembelajaran Kooperatif
– Pengertian Pembelajaran Kooperatif
– Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
– Aplikasi Pembelajaran Kooperatif
– Ketrampilan Kooperatif
– Fase-fase Pembelajaran Kooperatif
– Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif
Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
– Pendekatan Konsep
– Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
Ciri-Ciri Pembelajaran
– Komponen-komponen Pembelajaran
– Strategi Active Learning
Pemilihan Strategi Belajar Mengajar
– Efisiensi
– Efektivitas
– Kriteria Lain
Merencanakan Program Belajar Mengajar
– Melaksanakan Proses Belajar Mengajar
– Melaksanakan Penilaian Proses Belajar Mengajar
Ketuntansan Belajar
– Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar
– Langkah-langkah atau Prosedur Pelaksanaan Ketutasan Belajar
– Efektivitas Sistem Pembelajaran Kooperatif
Desain Sistem Pembelajaran Online Learning
– Behaviorisme dan online learning
– Kognitivisme dan online learning
– Konstruktivisme dan online learning
Belajar dan Perubahan Perilaku
– Perubahan yang Didasari dan Disengaja (Intensional)
– Perubahan yang Berkesinambungan (kontinu)
– Perubahan yang Fungsional
– Perubahan yang Bersifat Positif
– Perubahan yang Bersifat Aktif
– Perubahan yang Bersifat Permanen
– Perubahan yang Bertujuan dan Terarah
– Perubahan Perilaku secara Keseluruhan
BAB 2. HAKIKAT SISTEM PENGEMBANGAN BELAJAR MENGAJAR
Belajar dan Proses Pembelajaran
– Media dan Proses Pembelajaran
– Media Pembelajaran, Media Animasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
– Lembar Kerja Siswa (LKS)
Pengertian Metode Pembelajaran
– Metode Pembelajaran
– Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Model-Model Pembelajaran
– Metode Role Playing
– Pembelajaran Berdasarkan Masalah
– Cooperative Script
– Picture and Picture
– Numbered Heads Together
– Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
– Metode Jigsaw
– Metode Team Games Turnament (TGT)
– Model Student Teams – Achievement Divisions (STAD)
– Model Examples Non Examples
– Model Lesson Study
Konsep Pembelajaran Tematik
Model Pembelajaran PAKEM
– Memahami Sifat yang Dinamik Anak
– Mengenal Anak secara Perorangan
– Memanfaatkan Perilaku Anak dalam Pengorganisasian Belajar
– Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif dan Kemampuan Memecahkan Masalah
– Mengembangkan Ruang Kelas sebagai Lingkungan Belajar yang Menarik
– Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
– Memberikan Umpan Balik yang Baik untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar
– Membedakan antara Aktif Fisik dan Aktif Mental
Pengertian Active Learning (Belajar Aktif)
– Glasgow 1996 (Doing science)
– Modell and Michael 1993 (Promoting Active Learning in Life Science Classrooms)
– UC Davis TAC (Handbook)
Penerapan Penggunaan Pendekatan Active Learning
– Buatlah Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Dunia Sekitar Siswa
– Berikan Siswa Kebebasan Bergerak
– Tuntaskan dalam Mengajar
– Belajar sambil Bermain
– Harmonisasi Hubungan Guru, Siswa, dan Orangtua
Penerapan E-Learning di Indonesia
– Peran Komputer bagi Pendidikan Anak
– Pengertian E-Learning
– Pengertian yang Terkait E-Learning
Jenis-Jenis Sumber Belajar
– Pengertian Bahan Ajar
– Fungsi Bahan Ajar
– Klasifikasi Bahan Ajar
– Tujuan Bahan Ajar
– Ruang Lingkup Bahan Ajar
Bermain Sambil Belajar
Supervisi Meningkatkan Proses Pembelajaran
Prestasi Belajar
– Pengertian Prestasi Belajar
– Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
– Batas Minimal Prestasi Belajar
BAB 3. MODEL PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSONAL
Model Pengembangan Instruksional
– Aplikasi Penerapan Model-model Pengembangan Instruksional
Strategi Merancang Tujuan Instruksional
– Kawasan Kognitif (Pemahaman)
– Kawasan Afektif (Sikap dan Perilaku)
– Kawasan Psikomotor (Psychomotor Domain)
Strategi Memilih Metode Instruksional
– Tujuan Instruksional
– Pengetahuan Awal Siswa
– Bidang Studi atau Pokok Bahasan
– Alokasi Waktu dan Sarana Penunjang
– Jumlah Siswa
– Pengalaman dan Kewibawaan Pengajar
Metode-Metode Instruksional
– Metode Ceramah (Lecture)
– Metode Demonstrasi dan Eksperimen
– Metode Tanya Jawab
– Metode Penampilan
– Metode Diskusi
– Metode Studi Mandiri
– Metode Pembelajaran Terpogram
– Metode Latihan Bersama Teman
– Metode Simulasi
– Metode Pemecahan Masalah
– Metode Studi Kasus
– Metode Insiden
– Metode Praktikum
– Metode Proyek
– Metode Bermain Peran
– Metode Seminar
– Metode Simposium
– Metode Tutorial
– Metode Deduktif
– Metode Induktif
Hakikat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
– Pembelajaran Kooperatif
– Prosedur Instruksional dengan Menggunakan Berbagai Pendekatan
– Desain Sistem Instruksional
ADDIE untuk Membangun Sistem Kesiswaan
Model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK)
Pengembangan Desain Pembelajaran
– Hubungan antara Desain Pembelajaran dan Pendidikan
– Model-model Pengembangan Desain Instruksional
– Memilih Model Desain Pembelajaran
– Pengembangan Desain Pembelajaran
Model Belajar Inkuiri
– Expository dan Discovery atau Inquiry
– Discovery dan Inquiry
Pengembangan Media Pendidikan
– Media Pendidikan
– Klasifikasi dan Jenis Media
– Media yang tidak Diproyeksikan
– Media Video
– Media Berbasis Komputer
– Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
– Tujuan Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar Mengajar
Multimedia Pembelajaran Interaktif
– Pengetian
– Manfaat Multimedia Pembelajaran
– Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran
– Format Multimedia Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran
– Learning to Know
– Learning to do
– Learning to Live Together
– Learning to be
BAB 4. RENCANA PENGEMBANGAN, TUJUAN DAN BAHAN PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
– Fungsi
– Prinsip Pengembangan
– Langkah-Langkah Pengembangan
– Cara Penyusunan RPP
– Format RPP
Strategi Pembelajaran Aktif
Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul
– Pengertian Bahan Ajar
– Ragam Bentuk Bahan Ajar
– Pengertian Modul
– Tujuan dan Manfaat Penyusunan Modul
– Prinsip-Prinsip Penyusunan Modul Pembelajaran
– Alur Penyusunan Modul
– Pengisian Format
Perbedaan Bahan Ajar dan Sumber Belajar
– Pengertian Sumber Belajar
Teori Belajar Andragogi
– Pengertian Teori Belajar Andragogi
– Perkembangan Teori Belajar Andragogi
– Asumsi-asumsi Pokok Teori Belajar Andragogi
– Andragogi dan Psikologi Perkembangan
– Pengaruh Penurunan Faktor Fisik dalam Belajar
– Langkah-langkah Pokok dalam Andragogi
– Perbandingan Asumsi dan Model Pedagogi dan Andragogi
– Keunggulan dan Kelemahan Teori Belajar Andragogi
Penegasan Istilah
BAB 5. MEDIA DAN METODE PENGAJARAN
Pengertian Media Pembelajaran
Fungsi Media Pembelajaran
Jenis Peranan Media Pembelajaran
– Media Visual
– Media Audio
– Media Audio Visual
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
– Media Grafis
– Teks
– Audio
– Grafik
– Animasi
– Video
Ciri Media Pembelajaran
– Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
– Klasifikasi Media dan Sumber Belajar
– Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar
– Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
Pengertian Media Pendidikan
– Jenis Media Pendidikan
– Media Pengajaran Geografi
– Media Gambar Medium (Jamak, Media) adalah sebuah Saluran Komunikasi
Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar
Teori dan Motivasi Belajar
– Teori Belajar Dienes
– Teori Belajar Brownell dan Van Engen
– Teori Belajar Gagne
BAB 6. TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DAN UMPAN BALIK PENGAJARAN
Pengertian Kedudukan dan Syarat Evaluasi
– Pengertian Evaluasi
– Perbedaan Pengukuran dan Penilaian
– Pengertian, Tujuan dan Prinsip Penilaian
– Prinsip-Prinsip Penilaian Hasil Belajar
– Jenis-Jenis Evaluasi
Fungsi dan Tujuan Evaluasi
Jenis-Jenis Evaluasi Belajar
– Evaluasi Formatif
– Evaluasi Sumatif
– Evaluasi Penempatan
– Evaluasi Diagnostik
Perbedaan Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif
Kriteria Evaluasi
– Standar Penilaian yang Mutlak
– Standar yang Relatif
– Instrumen Evaluasi
– Prosedur Pelaksanaan Evalauasi
Penyusunan Instrumen Nontes
Desain Evaluasi
Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Umpan Balik dan Penguatan Belajar
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
– Merumuskan Masalah
– Mengawali Masalah Penelitian
– Keberhasilan PTK
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar