Cari Blog Ini

Rabu, 25 November 2015

PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN













JudulPRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN
Pengarang:Drs. M. Ngalim Purwanto
Penerbit:Rosda
ISBN:979-514-127-9
Cetakan Ke:19
Tahun Terbit:2009
Bahasa:Indonesia
Jumlah Halaman:x + 165
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft
Ukuran:16 x 24 cm
Berat:250 gram
Kondisi:Baru
Harga:Rp. 39.000discont  20%
Bayar: Rp. 31.200 
Stock:1

DAFTAR ISI :
BAB I : KEDUDUKAN EVALUASI PENDIDIKAN DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN
Pengertian evaluasi dalam pengajaran; fungsi evaluasi di dalam proses belajar mengajar; hubungan antara pengajaran dan evaluasi; objek evaluasi pendidikan; kegunaan data evaluasi; program evaluasi.
BAB II : EVALUASI PENCAPAIAN BELAJAR SISWA
Prinsip-prinsip dasar tes hasil belajar; penilaian formatif dan penilaian sumatif; norm-referenced vs criterion-referenced test; perencanaan dalam menyusun test; ciri-ciri dari empat tipe achievement test.
BAB III : MACAM-MACAM BENTUK TES HASIL BELAJAR
Arti dan macamnya; kebaikan dan keburukannya; syarat-syarat menyusun test objektif; tipe-tipe hasil belajar kognitif; contoh soal tingkat kemampuan kognitif; beberapa model tes pilihan ganda (multiple choise); mempersiapkan tes essay; cara menskor soal-soal essay; cara menskor tes objektif.
BAB IV : PRINSIP-PRINSIP DAN PROSEDUR PENILAIAN TES HASIL BELAJAR
Penskoran dan penilaian; prinsip-prinsip penilaian; aturan penilaian; prosedur pemberian nilai.
BAB V : TEKNIK PENGOLAHAN SKOR HASIL EVALUASI
Mengolah skor mentah menjadi nilai huruf; mengolah skor mentah menjadi nilai 1 – 10; penilaian dengan persen; mengolah skor mentah menjadi skor standar Z; mengolah skor mentah menjadi skor standar T.
BAB VI : EVALUASI DALAM PENGAJARAN PPSI
Tujuan, jenis dan fungsi evaluasi; cara, teknik dan jenis standar penilaian; tes dan prinsip pelaksanaannya; cara menilai tes formatif dan tes sumatif; penentuan nilai rapor.
BAB VII : TEKNIK ANALISIS DAN INTERPRETASI TES HASIL BELAJAR
Teknik analisis soal tes (item analysis); analysis dan interpretasi soal tes objektif; prosedur analisis item yang lebih sederhana dan norm-referenced test; interpretasi data analisis item tes norm-referened; prosedur analisis item untuk criterion-referenced test.
BAB VIII : KUALITAS DN CIRI-CIRI TEKNIK EVALUASI YANG BAIK
Validitas; keandalan; objektivitas; kepraktisan; cara menghitung validitas suatu tes.
BAB IX : OEBSERVASI SEBAGAI ALAT EVALUSAI
Pengertian observasi; kedudukan observasi di dalam evaluasi; situasi di dalam observasi; cara-cara mencatatkan observasi; lamanya observasi dan posisi pengamat; validitas observasi; interpretasi data observasi; kebaikan dan kelemahan data observasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar