Cari Blog Ini

Selasa, 24 November 2015

PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN













Judul:PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN
Pengarang:Prof. Drs. Anas Sudijono
Penerbit:RajaGrafindo (Rajawali Pers)
ISBN:979-421-495-7
Edisi/ Cet:Edisi 1 Cet 12
Tahun Terbit:2011
Bahasa:Indonesia
Jumlah Halaman:xvi + 488 hlm
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft
Ukuran:13,5 x 21 cm
Berat:550 Gram
Kondisi:Baru
Harga:Rp. 73.000diskon 20%
Bayar: Rp. 58.400
Stock:1

DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
Pengertian evaluasi dan evaluasi pendidikan
Hubungan antara penilaian (evaluation) dan pengukuran (measurement)
Perbedaan antara penilaian dan penelitian
Fungsi evaluasi pendidikan
Tujuan evaluasi pendidikan
Kegunaan evaluasi pendidikan
Klasifikasi evaluasi pendidikan
Objek (sasaran) evaluasi pendidikan
Subjek (pelaku) evaluasi pendidikan
Ruang lingkup (scope) evaluasi pendidikan di sekolah
BAB 2. TEKNIK EVALUASI HASIL BELAJAR
Prinsip-prinsip dasar evaluasi hasil belajar
Cirri- cirri evaluasi hasil belajar
Ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil belajar
Langkah- langkah pokok dalam evaluasi hasil belajar
Teknik- teknik evaluasi hasil belajar di sekolah
BAB 3. TEKNIK TES DAN TEKNIK NONTES SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR
Teknik tes
–          Pengertian tes
–          Fungsi tes
–          Penggolongan tes
Teknik nontes
–          Pengamatan (observation)
–          Wawancara (interview)
–          Angket (questionnaire)
–          Pemeriksaan dokumen (documentary analysis)
BAB 4. TEKNIK PENYUSUNAN DAN PELAKSAAN TES HASIL BELAJAR
Cirri- cirri tes belajar yang baik
Prinsip- prinsip dasar dalam penyusunan tes hasil belajar
Bentuk- bentuk tes hasil belajar dan teknik penyusunannya
–          Tes hasil belajar untuk uraian
–          Tes hasil belajar untuk objektif (objective test)
Teknik pelaksaan tes hasil belajar
–          Teknik pelaksaan tes tertulis
–          Teknik pelaksaan tes lisan
–          Teknik pelaksaan tes perbuatan
Soal- soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB 5. TEKNIK PENGUJIAN VALIDITAS TES DAN VALIDITAS ITEM TES HASIL BELAJAR
Teknik pengujian validitas tes hasil belajar
–          Pengujian validitas tes secara rasional
–          Pengujian validitas tes secara empiris
Teknik pengujian validitas item tes hasil belajar
–          Pengertian validitas item
–          Teknik pengujian validitas item tes hasil belajar
Soal- soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB 6. TEKNIK PENGUJIAN RELIABILITAS TES HASIL BELAJAR
Teknik pengujian reliabitas tes hasil belajar bentuk uraian
Teknik pengujian reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif
–          Pengujian reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan pendekatan single test-single trial (single test-single trial method)
–          Pengujian reliabitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan test- test (single test-double trial method)
–          Pengujian reliabilitas tes hasil belajar bentuk objektif dengan menggunakan pendekatan alternate form (double test – double trial method)
Soal- soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB 7. TEKNIK PEMERIKSAAN, PEMBERIAN SKOR DAN PENGOLAHAN HASIL TES HASIL BELAJAR
Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar
–          Teknik pemeriksaan hasil tes hasil belajar
–          Teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes lisan
–          Teknik pemeriksaan dalam rangka menilai hasil tes pembuatan
Teknik pemberian skor hasil tes hasil belajar
–          Pemberian skor pada tes uraian
–          Pemberian skor pada tes objektif
Teknik pengolahan dan pengubahan (konversi) skor hasil tes hasil belajar menjadi nilai
–          Perbedaan antara skor dan nilai
–          Pengolahan dan pengubahan skor mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar (standard score)
Soal- soal untuk latihan
Soal- soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB 8. TEKNIK PENGANALISISAN ITEM TES HASIL BELAJAR
Pengantar
Teknik penganalisisan item tes hasil belajar
–          Teknik analisis derajat kesukaran item
–          Teknik analisis daya pembeda item
–          Teknik analisis fungsi distraktor
Soal- soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
BAB 9. TEKNIK MENENTUKAN NILAI AKHIR, PENYUSUNAN RANKING DAN PEMBUATAN PROFIL PRESTASI BELAJAR
Teknik penentuan nilai akhir
–          Pengertian nilai akhir
–          Fungsi nilai akhir
–          Factor- factor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir
–          Beberapa contoh cara penentuan nilai akhir
Teknik penyusunan urutan kedudukan (ranking)
–          Pengertian ranking
–          Jenis dan prosedur penyusunan ranking
Teknik pembuatan profil prestasi belajar
–          Pengertian profil prestasi belajar
–          Bentuk- bentuk profil prestasi belajar
–          Kegunaan profil prestasi belajar
–          Beberapa contoh cara pembuatan profil prestasi belajar
Soal-soal untuk latihan dan penugasan terstruktur di luar kelas
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar