Judul | : | EFECTIVE TEACHING THEORY AND PRACTICE (Panduan Praktis dan Landasan Teoritis Pengajaran Efektif) | |
Pengarang | : | Chris Kyriacou | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 979-1305-52-5 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 2 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 392 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13,5 x 21 cm | |
Berat | : | 450 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 49.000 | |
Bayar | : | Rp. 41.650 | |
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
- PENDAHULUAN
BAGIAN 1: MEMAHAMI BELAJAR DAN MENGAJAR
- PEMIKIRAN TENTANG PENGAJARAN EFEKTIF
Tujuan
Problema konsep dan riset
Pelaksanaan riset tentang pengajaran efektif
Beberapa model pemikiran tentang pengajran efektif
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- BAGAIMANA MURID BELAJAR
Tujuan
Karakteristik pembelajaran murid
– Proses pembelajaran
– Motivasi dan penguatan
– Keterlibatan murid dalam pembelajaran
Isu- isu perkembangan
Isu kgnitif
Isu afektif
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
BAGIAN 2: PRAKTIK RUANG KELAS YANG EFEKTIF
- MEMBANGUN PENGALAMAN BELAJAR
Tujuan
Pemaparan guru
– Menjelaskan struktur dan tujuan pengalaman belajar
– Menginformasikan, menggambarkan dan menjelaskan
– Menggunakan pertanyaan, dialog dan diskusi untuk memfasilitasi dan mengeksplorasi pembelajaran murid
Kerja akademis
– Tugas membaca dan menulis terstruktur
– Kejra investigasi
– Program kerja individu
– Kerja kelompok kecil
– Pembelajaran eksperiensial
– Penggunaan TIK
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- MEMPERTIMBANGKAN PERBEDAAN MURID
Tujuan
Kemampuan
Motivasi
Kelas sosial
Gender
Ras
Kebutuhan pendidikan khusus
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- KUALITAS DAN TUGAS POKOK PENGJARAN RUANG- KELAS
Tujuan
Kualitas pokok pengajaran ruang kelas
Studi eksploratoris
– Kesiapan
– Kecepatan langkah dan aliran
– Transisi
– Pencocokan kognitif
– Kejelasan
– Sibuk
– Withitness
– Memberikan dorongan
Tugas pokok pengajaran ruang kelas
– Perencanaan
– Presentasi dan pemantauan
– Refleksi dan evalusi
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- HUBUNGAN DENGAN MURID
Tujuan
Otoritas guru
– Status
– Kompetensi mengajar
– Menjalankan control ruang kelas
– Menjalankan control disiplin
Saling menghormati dan memahami
Iklim ruang kelas
Pastoral care
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- MENANGANI KENAKALAN MURID
Tujuan
Karakteristik dan sebab kenakalan murid
Mencegah kenakalan
Teguran dan hukuman
Menangani konfrontasi
Pastoral care dan kebijakan sekolah
Modifikasi perilaku
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
BAGIAN 3: MERENUNGKAN PENGALAMAN MENGAJAR
- MENGEVALUASI PRAKTIK
Tujuan
Kurikulum
– Memperbaiki proses pembelajaran
– Memperbaiki kurikulum
– Mempersiapkan murid untuk kehidupan dewasa dan dunia kerja
– Mengembangkan bentuk baru penilaian
Evaluasi guru
Stress guru
Rangkuman
Pertanyaan diskusi
Bacaan lebih lanjut
- KESIMPULAN
REFERENSI
INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar